Laman

Minggu, 12 Februari 2012

KARYA ILMIYAH TQM DI MTs BREBES

IMPLEMENTASI KONSEP TQM DALAM PENDIDIKAN

MELALUI MADRASAH MODEL

(Studi pada MTsN MODEL di Brebes Jawa Tengah)

TESIS

Diajukan sebagai Salah Satu Syarat

Untuk Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Islam

Pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Oleh;

IMAM GOZALI

NIM: 505910074

PROGRAM PASCASARJANA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI

CIREBON

2012

IMPLEMENTASI KONSEP TQM DALAM PENDIDIKAN

MELALUI MADRASAH MODEL

(Studi pada MTsN MODEL di Brebes Jawa Tengah)

TESIS

Diajukan Oleh

IMAM GOZALI

NIM: 505910074

Telah disetujui pada tanggal 15 Januari 2012

Pembimbing I,

Prof. Dr. H. Abdus Salam Dz. MM

Pembimbing II,

Dr. H. Ahmad Asmuni, MA

PROGRAM PASCASARJANA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI

CIREBON

2012

IMPLEMENTASI KONSEP TQM DALAM PENDIDIKAN

MELALUI MADRASAH MODEL

(Studi pada MTsN MODEL di Brebes Jawa Tengah)

Diajukan Oleh

IMAM GOZALI

NIM: 505910074

Telah diujikan pada tanggal 07 Februari 2012

dan dinyatakan memenuhi syarat untuk memperoleh gelar

Magister Pendidikan Islam (MPdI)

Cirebon, 11 Februari 2012

Dewan Penguji:

Ketua/Anggota

Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, MAg.

Sekretaris/Anggota

Dr. H. Ahmad Asmuni, MA

Pembimbng/Penguji II

Prof. Dr. H. Abdus Salam Dz. MM

Pembimbing/Penguji III

Dr. H. Ahmad Asmuni, MA

Penguji I

Direktur,

Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, MAg.

PERNYATAAN KEASLIAN

Bismillahirrahmanirrahim,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Imam Gozali

NIM : 505910074

Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam

Menyatakan bahwa tesis ini secara keseluruhan adalah benar-benar hasil penelitian saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya, dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Pernyataan ini dibuat dengan sejujurnya dan dengan penuh kesungguhan hati, disertai kesiapan untuk menanggung segala resiko yang mungkin diberikan, sesuai dengan peraturan yang berlaku apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan, atau ada klaim terhadap keaslian karya saya.

Cirebon, 15 Januari 2012

Yang menyatakan,

Materai 6000

Imam Gozali

NIM: 505910074

Prof. Dr. H. Abdus Salam Dz. MM.

Program Pascasarjana

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

NOTA DINAS

Lamp : 5 eksemplar

Hal : Penyerahan Tesis

Kepada Yth.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Di

CIREBON

Assalamu`alaikum wr. wb.

Setelah membaca, meneliti dan merevisi seperlunya, kami berpendapat bahwa tesis saudara Imam Gozali NIM: 505910074 berjudul: Implementasi Konsep TQM Dalam Pendidikan Melalui Madrasah Model: Studi Pada MTsN Model Di Brebes Jawa Tengah telah dapat diujikan.

Bersama ini Kami kirimkan naskahnya untuk segera dapat diujikan dalam sidang ujian tesis Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Atas perhatian Saudara, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Cirebon, 15 Januari 2012

Pembimbing I,

Prof. Dr. H. Abdus Salam Dz. MM.

Dr. H. Ahmad Asmuni, MA

Program Pascasarjana

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

NOTA DINAS

Lamp : 5 eksemplar

Hal : Penyerahan Tesis

Kepada Yth.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Di

CIREBON

Assalamu`alaikum wr. wb.

Setelah membaca, meneliti dan merevisi seperlunya, kami berpendapat bahwa tesis saudara Imam Gozali NIM: 505910074 berjudul: Implementasi Konsep TQM Dalam Pendidikan Melalui Madrasah Model: Studi Pada MTsN Model Di Brebes Jawa Tengah telah dapat diujikan.

Bersama ini Kami kirimkan naskahnya untuk segera dapat diujikan dalam sidang ujian tesis Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Atas perhatian Saudara, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Cirebon, 15 Januari 2012

Pembimbing II,

Dr. H. Ahmad Asmuni, MA

ABSTRAK

Imam Gozali: Implementasi Konsep TQM Dalam Pendidikan Melalui Madrasah Model: Studi Pada MTsN Model Di Brebes Jawa Tengah

Saat ini, kondisi sebagian besar madrasah menghadapi banyak masalah dalam perkembangannya, baik menyangkut sumberdaya manusia, sarana parsarana maupun kepemimpinannya. Kualitas sebagian besar kepala madrasah juga merupakan salah satu masalah yang masih sedang dihadapi. Proses pengangkatan untuk menjadi kepala madrasah negeri masih didasarkan pada senioritas dan urutan kepangkatan, bukan pada kemampuan manajemen dan potensinya.

Penelitian bertujuan: (1) Menggambarkan penerapan konsep TQM dalam manajemen pendidikan di MTsN Model Brebes; (2) Menggambarkan efektifitas penerapan konsep TQM dalam manajemen pendidikan di MTsN Model Brebes, dan (3) Menemukan dampak positif penerapan konsep TQM terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MTsN Model Brebes.

MTsN Model Brebes dengan Visi madrasah adalah: mewujudkan insan yang unggul dalam imtaq dan mampu bersaing di era global dengan berperilaku Islami. Sedangkan misinya adalah: menciptakan pembelajaran yang bernuansa Islami, memberdayakan masjid/musholla sebagai laboratorium keagamaan dan menyelenggarakan kegiatan belajar sekolah berasrama (boarding school).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai instrumennya. Analisis data dilakukan dengan empat keabsahan dan keajegan data yang diperlukan dalam suatu penelitian pendekatan kualitatif; yaitu; keabsahan konstruk, triangulasi data, baik triangulasi pengamat, triangulasi teori maupun metode, mengorganisasikan data, melakukan kategorisasi, reduksi data, display serta klasifikasi data, dan akhirnya diinterpretasi dengan pendekatan logika dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan, sehingga proses penelitian terus berkembang secara dinamis.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Konsep TQM sesungguhnya relevan dan sesuai untuk diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan di MTsN Model Brebes. Karena adanya kesamaan filosofi, prinsip, tujuan dan elemen penunjangnya, yakni fokus pada pelanggan, keterlibatan total, dan perbaikan proses secara berkelanjutan. Hasilnya dapat dikatakan efektif. Hal ini ditandai oleh terpenuhinya indikator-indikator pengukuran madrasah efektif maupun tuntutan konsep TQM itu sendiri. Karena itu berdampak positif dan telah menunjukkan hasil sesuai tujuan konsep TQM, yakni berhasil menciptakan mutu pendidikannya sesuai standar mutu, baik mutu akademik maupun non akademik, diperoleh prestasi-prestasi belajar siswa (lulusan) dengan nilai tertinggi hingga melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta keunggulan-keunggulan lain di bidang akademik maupun non akademik, sehingga benar-benar menjadi magnet school di kalangan masyarakat.

ABSTRACT

Imam Gozali: Implementation Through the concept of TQM in Education Madrasah Model: Studies in MTsN Bradford Model InCentral Java

At present, the condition of most of the madrassas face many problems in its development, both related to human resources, facilities and leadership parsarana. The quality of most of the head of the madrasa is also one of the problems still being facet. The process of appointment to be head of Islamic countries are still based on seniority and rank order,rather than on management capabilities and potensial.

The research objectives: (1) Describe the application of TQM concepts in management education in Bradford MTsN Model, (2) Describe the effectiveness of the application of TQM concepts in management education in MTsN Model Brebes, and (3) Find thepositive impact of the application of TQM concept to improve the quality of education in MTsN Brebes model.

MTsN Brebes with Vision Model madrasah is: create a superiorhuman being in IMTAQ and able to compete in compete in the global era with islwmic behavior. While its mission is: to create a nuanced Islamiclearning, empowering the mosque / prayer room as a laboratoryand conduct religious boarding school learning activities (boardingschool).

The method used in this study is descriptive qualitative, through observation, interview and documentation studies as an instrument. Data analysis was performed with four legality and regularity of data required in a qualitative research approach; namely construct validity, data triangulation, both observer triangulation, triangulation theory and methods, organize data, perform categorization, data reduction, display and data classification, and finally interpreted with logic approach and analyzed in accordance with the requirements, so that the research process continues to evolve dynamically. Genaralisasi process always done with the intent to discover the basic concepts are significant to the issue of research (grounded theory).

The results can be concluded that: The concept of TQM in fact relevant and appropriate for the education in MTsN Model Brebes. Because of the similarity of philosophy, principles, goals and supporting elements, namely customer focus, total involvement, and continuous process improvement. The result can be said to be effective. It is characterized by compliance measurement indicators madrasas and demands effective TQM concept itself. Because it had a positive impact and have shown results as objective concepts of TQM, which succeeded in creating the quality of education according to quality standards, both academic and non academic quality, obtained by learning achievements of students (graduates) with the highest value to exceed the minimum criteria for exhaustiveness (KKM), as well as other advantages in academic and non academic, so it really becomes a magnet school in the community.

الملخص

ﺇﻣﺎﻡﻏﺯﺍﻟﻰ: التنفيذ من خلال مفهوم إدارة الجودة الشاملة في التعليم النموذجي المدارس الدينية : دراسات في نماذج ﺑﺭﺍﺑﻳﺱ في جاوة الوسطى

في الوقت الحالي، وحالة معظم المدارس الدينية تواجه العديد من المشاكل في تنميتها، على حد سواء المتعلقة بالموارد البشرية والمرافق والقيادة. نوعية أكثر من رئيس المدرسة هي أيضا واحدة من المشاكل التي لا تزال تواجهها وتستند تزال عملية التعيين أن يكون رئيس من الدول الإسلامية على الأقدمية والنظام رتبة،بدلا من التركيز على قدرات الإدارة والمحتملة. وتستند تزال عملية التعيين أن يكون رئيس من الدول الإسلامية على الأقدمية والنظام رتبة،بدلا من التركيز على قدرات الإدارة والمحتملة.

هداف البحث: (1) وصف تطبيق مفاهيم إدارة الجودة الشاملة في إدارة صغرى التعليم الثانويفي دولة نموذج برادفورد (2) وصف لفعالية تطبيق مفاهيم إدارة الجودة الشاملة في إدارة صغرى التعليم الثانوي في بر بسى نموذج الدولة،(3)البحث عن الأثر الإيجابي لتطبيق مفاهيم الجودة الشاملة لتحسين نوعية التعليم في المدارس الإعدادية الثانوية نموذج الدولة.فى ﺑﺭﺍﺑﻳﺱ المدرسةالنموذجية الإعدادية الثانويةفي الدولة برادفورد الرؤية المدارسالدينية هو: لتحقيقالإنسان المتفوق يجري في الإيمان والتقوى، وقادرة على المنافسة في عصر العولمة معالسلوك الإسلامي. في حين أن مهمتها هي: لخلق التعلم دقة الإسلامية، وتمكين الغرفة المسجد / صلاة كمختبر وتنظيم أنشطة التعلم المدرسة الداخلية( مدرسة داخلية)

الطريقة التي استخدمت في هذه الدراسة هو نوعي وصفي ، من خلال دراسات الملاحظة ، والمقابلة والوثائق كأداة. وأجري تحليل البيانات مع أربع الشرعية وانتظام البيانات المطلوبة في نهج البحث النوعي ، وهي بناء صحة البيانات التثليث ، سواء التثليث المراقب ، ونظرية التثليث والطرق ، وتنظيم البيانات وإجراء تصنيف ، والحد من البيانات ، وعرض وتصنيف البيانات ، وأخيرا تفسر مع نهج المنطق وتحليلها وفقا للمتطلبات ، حتى أن عملية البحث لا تزال تتطور بشكل ديناميكي. ﺗﻌﻣﻳﻡ عملية فعلت دائما مع نية لاكتشاف المفاهيم الأساسية هي كبيرة لمسألة البحث (نظرية الارض).

يمكن أن تكون النتائج التي خلصت : إن مفهوم إدارة الجودة الشاملة في الواقع ذات الصلة والملائمة للتعليم في ﺑﺭﺍﺑﻳﺱ النموذجي. بسبب التشابه في الفلسفة والمبادئ والأهداف والعناصر الداعمة ، وهي تركز العملاء ، والمشاركة الكاملة ، وتحسن عملية مستمرة. ويمكن القول نتيجة لتكون فعالة. يتميز مؤشرات قياس الامتثال المدارس ومطالب فعالة مفهوم إدارة الجودة الشاملة نفسها. لأنها أثر إيجابي وأظهرت النتائج على النحو المفاهيم هدف إدارة الجودة الشاملة ، والتي نجحت في خلق نوعية التعليم وفقا لمعايير الجودة ، والجودة الأكاديمية على حد سواء الأكاديمية وغير الحكومية ، التي تم الحصول عليها عن طريق التعلم إنجازات الطلاب (الخريجين) وفقا لأعلى قيمة تتجاوز الحد الأدنى من المعايير للتأكد من اكتمالها (ﻙﻙﻡ) فضلا عن المزايا الأخرى في الأكاديمية وغير الأكاديمية ، لذلك يصبح حقا مدرسة المغناطيس في المجتمع.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan taufik dan hidayah-Nya, tesis ini selesai penulis susun sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Magister Pendidikan Islam (MPd.I) pada Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam menyusun tesis ini, penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penelitian tesis ini hingga terwujud. Secara khusus ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:

1. Prof. Dr. H. Maksum, MA; Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon beserta para para Pembantu Rektor,

2. Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, M.Ag.; Direktur Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon beserta para Asisten Direktur dan segenap staf.

3. Prof. Dr. H. Abdus Salam Dz. MM. dan Dr. H. Ahmad Asmuni, MA selaku Pembimbing I dan II dan penyusunan Tesis ini,

Cirebon,

Imam Gozali

NIM: 505910074

DAFTAR ISI

Halaman

LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………

ii

LEMBAR PERSETUJUAN …………………………………………………

iii

PERNYATAAN KEASLIAN ………………………………………………

iv

NOTA DINAS ………………………………………………………………

v

ABSTRAK …………………………………………………………………

vi

ABSTRACT ………………………………………………………………..

vii

KATA PENGANTAR …………………………………………………….

viii

DAFTAR ISI ………………………………………………………………

ix

DAFTAR TABEL …………………………………………………………

x

BAB I

PENDAHULUAN

1

A. Latar Belakang Masalah ……………………………………..

1

B. Perumusan Masalah ………………………………………….

10

C. Tujuan Penelitian ……………………………………………

10

D. Manfaat Hasil Penelitian …………………………………….

11

E. Kerangka Konseptual ………………………………………..

11

BAB II

TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN PENDIDIKAN MADRASAH

17

A. Konsep Total Quality Management (TQM)…………………

17

1. Pengertian………………………………………………..

17

2. Tujuan TQM dalam Pendidikan…………………………..

25

B. Konsep Mutu…………………………………………………

45

C. Hakekat Peningkatan Mutu Madrasah……………………….

49

1. Implementasi Konsep Mutu Cara Deming Dalam Pendidikan

55

2. Konsep TQM Dalam Pendidikan Islam……………………

64

3. Konsep TQM Dalam Pendidikan Islam……………………

72

D. Hasil Penelitian Terdahulu…………………………………….

81

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

84

A. Obyek Penelitian ……………………………………………..

84

B. Metode Penelitian…………………………………………….

89

C. Prosedur Pengumpulan Data ………………………………….

90

1. Sasaran Penelitian …………………………………………..

90

2. Sumber Data ………………………………

90

3. Alat Bantu pengumpulan Data ……………………………

97

F. Analisis Data …………………………………………………

98

BAB IV

DAMPAK PENERAPAN KONSEP TQM PADA MADRASAH MODEL………………………………………………………….

106

A. Penerapan Konsep TQM Pada MTsN Model Brebes Jawa Tengah ……………………………………………………….

106

B. Efektifitas Penerapan Konsep TQM Pada MTsN Model Brebes

135

C. Dampak Positif Penerapan Konsep TQM Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTsN Model Brebes Jawa Tengah….

179

BAB V

PENUTUP

188

A. Kesimpulan ……………………………………………………

188

B. Rekomendasi ………………………………………………….

190

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………

191

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar