Laman

Jumat, 11 Maret 2016

Kontrak Perkuliahan/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa

INOVASI PENDIDIKAN

PASCAEARJANA
IAIN "SNJ" CIREBON
2011

Dosen: Dr Tahroni, M.Pd



KONTRAK PERKULIAHAN



Nama Mata Kuliah            : INOVASI PENDIDIKAN
Pengajar                              : Dr. Tahroni,M.Pd
            Program                               : S2/Pendidikan Ekonomi




I.     Manfaat Mata kuliah

Inovasi Pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya), serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan . Sebab,  pendidikan merupakan suatu system, maka inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen system pendidikan, baik system dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang lain, maupun system dalam arti yang luas misalnya system pendidikan nasional. Sehingga diharapkan mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi memahami perubahan perubahan  pendidikan dan mampu menganalisis sebagai pedoman dan rujukan pemikiran untuk mengembangkan system pendidikan di Indonesia

II.    Deskripsi Perkuliahan

Mata kuliah  Inovasi Pendidikan  ini mencakup pokok bahasan :

  1. Pengertian dan  karakteristik inovasi pendidikan,
  2. Perbedaan inovasi dan modernisasi dalam pendidikan.
  3. Ruang lingkup proses inovasi pendidikan.
  4. Strategi dalam inovasi pendidikan.
  5. Mengkaji inovasi kurikulum
  6. Mengembang inovasi dalam pembelajaran
  7. Menganalisis Tugas (task analysis).
  8. Melakukan diskusi kelompok.
  9. Merancang  program kuliah lapangan.
  10. Melakukan ujian tengah   dan ujian akhir semester.

III.  Kompetensi Dasar

 Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu :
  1. Menjelaskan Pengertian, dan karakteristik inovasi pendidikan
  2. Menjelaskan Perbedaan inovasi dan modernisasi
  3. Menjelaskan Ruang lingkup proses inovasi pendidikan.
  4. Menjelaskan Pendidikan  sebagai suatu system.
  5. Menguraikan  strategi dalam inovasi pendidikan
  6. Menjelaskan  Pengembangan inovasi pendidikan.
  7. Membuat makalah yang berkaitan dengan inovasi pendidikan.


IV.  Strategi Perkuliahan

 Perkuliahan ini lebih banyak menggunakan metode seminar, diskusi dan tanya jawab, penugasan dan praktik, agar mahasiswa dapat menyampaikan gagasannya yang berkaitan dengan materii perkuliahan, baik dari hasil studi pustaka maupun pengalaman lapangan. Porsi metode ceramah dengan selingan tanya jawab hanya digunakan pada awal-awal perkuliahan dalam penyampaian penjelasan umum materi pokok perkuliahan dan penjelasan pokok bahasan setiap selesai diskusi/seminar kelas.

V.   Materi/Bacaan Perkuliahan

  Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
1.      A. Tresna Sastra Wijaya, Pengembangan Program pengajaran.
2.      A. Majid, (2002)  Perencanaan Pembelajaran Berbasis kompetensi guru,
Bandung PT. Remaja rosdakarya
3.      Buku Tentang PPSI, Keterampilan proses, CBSA
4.      Lelie, J.Brigg. Instructional Desaign, Principles and Aplication.
5.     S. Nasution, Berbagai pendidikan dalam proses Belajar.
6.     Umar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan system.
7.     Tahroni,(2009) Konfigurasi Pemikiran Ilmu Pendidikan
8.     Tahroni (2009)Pemikiran Pendidikan Masa Depan
9.     Tahroni (2009)Tendensi dan Tradisi Profesi Keguruan
10. Udin Saripudin W, (1991) Materi Pokok Perencanaan Pengajaran.
11. Udin Saripudin W (2007) Inovasi Pendidikan


VI. T u g a s
1.      Setiap mahasiswa harus membaca dan menelaah materi/bacaan perkuliahan sebelum mengikuti perkuliahan.
  1. Setiap mahasiswa harus menyusun makalah kelompok dan mempresentasikan di depan kelas sesuai topik/pokok bahasan
serta waktu perkuliahan yang telah ditentukan.
  1. Setiap mahasiswa harus berpartisipasi aktif dalam seminar/diskusi kelas untuk membahas materi perkuliahan.
  2. Setiap mahasiswa harus menyusun makalah individual tentang Inovasi Pendidikan Sebagai Suatu Sistem  sebagai sarana pendalaman materi perkuliahan dan peningkatan wawasan ilmiah akademis serta menyerahkannya paling lambat 1 minggu   sebelum UAS.
  3. Setiap mahasiswa harus mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester sesuai waktu yang telah ditentukan
  4. Setiap mahasiswa harus hadir minimal 75 % dari jumlah tatap muka dengan Dosen   sebagai persyaratan untuk mengikuti UAS.

VII.  Kriteria Penilaian

Penilaian terhadap mahasiwa akan dilakukan oleh dosen berdasarkan pelaksanaan tugas yang telah ditetapkan dengan kriteria sebagai berikut :


       Nilai                                Point                                         Range
         A                                      4                                            80 -100
         B                                       3                                            68 – 79
         C                                      2                                            56 – 67
         D                                      1                                             45 – 55
         E                                       0                                               < 45
      
        Dalam menentukan nilai akhir digunakan pembobotan sebagaii berikut :

       1. Partisipasi dalam diskusi dan makalah kelompok    10 %
       2. Kehadiran                                                                             10 %
       3. Makalah Individual                                                           20 %
       4. Ujian Tengah Semester                                                      30 %
       5. Ujian Akhir Semester                                                           30 %





Tidak ada komentar:

Posting Komentar