Kontrak Perkuliahan/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa
INOVASI PENDIDIKAN
PASCAEARJANA
IAIN "SNJ" CIREBON
2011
Dosen: Dr Tahroni, M.Pd
KONTRAK PERKULIAHAN
Nama Mata Kuliah
: INOVASI PENDIDIKAN
Pengajar
: Dr. Tahroni,M.Pd
Program : S2/Pendidikan Ekonomi
I.
Manfaat
Mata kuliah
Inovasi Pendidikan adalah suatu
perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya),
serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan
tertentu dalam pendidikan . Sebab, pendidikan merupakan suatu system, maka
inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen system
pendidikan, baik system dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau lembaga
pendidikan yang lain, maupun system dalam arti yang luas misalnya system
pendidikan nasional. Sehingga diharapkan mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi
memahami perubahan perubahan pendidikan
dan mampu menganalisis sebagai pedoman dan rujukan pemikiran untuk
mengembangkan system pendidikan di Indonesia
II.
Deskripsi Perkuliahan
Mata kuliah Inovasi Pendidikan ini mencakup pokok bahasan :
- Pengertian
dan karakteristik inovasi
pendidikan,
- Perbedaan
inovasi dan modernisasi dalam pendidikan.
- Ruang
lingkup proses inovasi pendidikan.
- Strategi dalam inovasi pendidikan.
- Mengkaji inovasi kurikulum
- Mengembang inovasi dalam pembelajaran
- Menganalisis Tugas (task analysis).
- Melakukan diskusi kelompok.
- Merancang program
kuliah lapangan.
- Melakukan
ujian tengah dan ujian akhir semester.
III. Kompetensi Dasar
Setelah
mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu :
- Menjelaskan
Pengertian, dan karakteristik inovasi pendidikan
- Menjelaskan Perbedaan inovasi dan modernisasi
- Menjelaskan
Ruang lingkup proses inovasi pendidikan.
- Menjelaskan
Pendidikan sebagai suatu system.
- Menguraikan strategi
dalam inovasi pendidikan
- Menjelaskan
Pengembangan inovasi pendidikan.
- Membuat makalah yang berkaitan dengan inovasi pendidikan.
IV. Strategi
Perkuliahan
Perkuliahan
ini lebih banyak menggunakan metode seminar, diskusi dan tanya jawab, penugasan
dan praktik, agar mahasiswa dapat menyampaikan gagasannya yang berkaitan dengan
materii perkuliahan, baik dari hasil studi pustaka maupun pengalaman lapangan.
Porsi metode ceramah dengan selingan tanya jawab hanya digunakan pada awal-awal
perkuliahan dalam penyampaian penjelasan umum materi pokok perkuliahan dan
penjelasan pokok bahasan setiap selesai diskusi/seminar kelas.
V. Materi/Bacaan Perkuliahan
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini
adalah :
1.
A. Tresna Sastra Wijaya, Pengembangan Program
pengajaran.
2.
A. Majid, (2002)
Perencanaan Pembelajaran Berbasis kompetensi guru,
Bandung PT. Remaja rosdakarya
3.
Buku Tentang PPSI, Keterampilan proses, CBSA
4. Lelie, J.Brigg. Instructional Desaign,
Principles and Aplication.
5.
S. Nasution, Berbagai pendidikan dalam proses
Belajar.
6.
Umar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan
Pendekatan system.
7.
Tahroni,(2009) Konfigurasi Pemikiran Ilmu
Pendidikan
8.
Tahroni (2009)Pemikiran Pendidikan Masa Depan
9.
Tahroni (2009)Tendensi dan Tradisi Profesi Keguruan
10. Udin Saripudin W,
(1991) Materi Pokok Perencanaan Pengajaran.
11. Udin Saripudin W (2007) Inovasi Pendidikan
VI. T u g a s
1.
Setiap mahasiswa harus membaca dan menelaah
materi/bacaan perkuliahan sebelum mengikuti perkuliahan.
- Setiap
mahasiswa harus menyusun makalah kelompok dan mempresentasikan di depan
kelas sesuai topik/pokok bahasan
serta waktu perkuliahan yang telah ditentukan.
- Setiap
mahasiswa harus berpartisipasi aktif dalam seminar/diskusi kelas untuk
membahas materi perkuliahan.
- Setiap
mahasiswa harus menyusun makalah individual tentang Inovasi Pendidikan
Sebagai Suatu Sistem sebagai sarana
pendalaman materi perkuliahan dan peningkatan wawasan ilmiah akademis
serta menyerahkannya paling lambat 1 minggu sebelum UAS.
- Setiap
mahasiswa harus mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester
sesuai waktu yang telah ditentukan
- Setiap mahasiswa harus hadir minimal 75 % dari jumlah tatap muka dengan Dosen sebagai persyaratan untuk mengikuti UAS.
VII. Kriteria Penilaian
Penilaian
terhadap mahasiwa akan dilakukan oleh dosen berdasarkan pelaksanaan tugas yang
telah ditetapkan dengan kriteria sebagai berikut :
Nilai Point Range
A 4 80
-100
B 3 68 –
79
C 2 56
– 67
D 1 45
– 55
E 0
< 45
Dalam menentukan nilai akhir digunakan
pembobotan sebagaii berikut :
1. Partisipasi
dalam diskusi dan makalah kelompok 10 %
2. Kehadiran 10 %
3. Makalah
Individual 20
%
4. Ujian Tengah
Semester 30 %
5. Ujian Akhir
Semester 30
%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar