Laman

Minggu, 26 Juni 2016

MATERI CERAMAH BULAN ROMADLON
HARI SENIN TGL: 27-6-2016  M  ROMADLON 1437 H
Oleh Drs. H. Imam Gozali,M.Pd.I
Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes


Dalam Surat Al Baqarah ayat 260 disebutkan : 

 [2:260] Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu ?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku) Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera." Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
  
>>Tafsir Ibnu Katsir

Nabi Ibrahim bermaksud hendak meningkatkan pengetahuannya dari 'ilmul yaqin kepada'ainul yaqin. 
Dan beliau ingin melihat proses penghidupan itu dengan mata kepalanya sendiri., maka ia mengatakan :

 رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِـي الْمَوْتَى قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِن قَالَ بَلَى وَلَـكِن لِّيَطْمَئِنَّ قَلْبِي

"Ya Rabb-ku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu ?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku)".

Lalu Allah Subhanawata'ala pun berfirman :

 قَالَ فَخُذْ أَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِ فَصُرْهُنَّ إِلَيْكَ

"(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu" 
Al Aufi menceritakan dari Ibnu 'Abbas mengenai firmanNya " فَصُرْهُنَّ إِلَيْكَ  ia mengatakan, artinya, ikatlah, setelah mengikatnya , lalu ia menyembelih dan memotong-motongnya, mencabuti bulu-bulunya, mencabik-cabiknya serta mencampuradukkan satu sama lainnya. Setelah itu Ibrahim membagi-bagi bagian tubuh burung - burung tersebut dan meletakkan  bagian-bagian itu pada setiap gunung. Ada yang mengatakan empat gunung dan ada yang mengatakan tujuh gunung. Wallahu'alam

Ibnu Abbas mengatakan, "Ibrahim mengambil kepala-kepala burung itu dengan tangannya, kemudian Allah menyuruh nya untuk memanggil burung-burung tersebut. Maka Ibrahim segera memanggilnya, sesuai perintah Allah. Maka Ibrahim melihat bulu-bulu beterbangan menuju bulu-bulu lainnya , darah menuju ke darah yang lain, daging ke daging yang lainnya, serta bagian tubuh masing-masing burung itu berhubungan satu dengan lainnya dan  masing-masing burung menjadi satu kesatuan yang utuh. Lalu burung-burung itu mendatangi Ibrahim dengan segera.
Hal itu supaya penglihatan Ibrahim benar-benar jelas tentang tentang apa yang ia tanyakan.
Dan masing-masing burung itu datang dan bersatu dengan kepalanya yang berada di tangan Ibrahim as. Jika yang diberikan kepada burung itu bukan kepalanya sendiri , maka ia menolaknya. Tapi jika diberikan kepadanya kepala itu sendiri , maka ia langsung tersusun dengan tubuhnya dengan daya dan kekuatan Allah Ta'ala.

Oleh karena itu Allah Azza Wajjala berfirman :   وَاعْلَمْ أَنَّ اللّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ  Dan Ketahuilah Bahwa Allah Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana", maksudnya tidak ada sesuatu pun yang dapat mengalahkanNya dan tidaka da suatupun yang dapat menghalangiNya.
Karena Dia MAHA PERKASA atas segala sesuatu , Maha BIJAKSANA dalam ucapan, perbuatan, syariat dan ketetapan Nya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar